counter

Cari artikel GAZEBO

Merawat baterai laptop

0 komentar





Agan semua pasti sadar dong kalo yang namanya baterai laptop itu bukanlah barang yang murah, jika baterai laptop kita rusak atau kualitasnya menurun mau gak mau kita harus merogoh kocek kita untuk menggantinya dengan yang baru. Memang bener sih yang namanya baterai laptop tuh lambat laun bakal semakin turun kualitasnya . Tapi setidaknya kita bisa membuatnya lebih tahan lama, coz gak jarang banyak temen-temen yang geluh baterai laptopnya cepet drop padahal mereka baru beberapa bulan membeli laptop atau baterai baru. Dengan tips-tips yang coba gue share buat agan semua semoga bisa bermanfaat dan tentunya dapat membuat baterai agan lebih awet dan terawat kualitasnya.

  • JANGAN BIARKAN BATERAI LAPTOP KOSONG HINGGA 0%

Jika sering membuat baterai kosong akan memperpendek umur baterai, sebelum baterai kosong charge baterai hingga 100% (full).  Lebih baik agan setting supaya laptop agan akan mati sebelum baterai agan benar-benar habis, atur sisa baterai agan pada angka 10% dan laptop secara otomatis akan mati dengan sendirinya (setingan ini biasanya berada di power action).

  • HINDARI SUHU EKSTREAM

Baterai laptop sesungguhnya sensitif dengan suhu yang ekstrem, makanya agan harus usahakan supaya laptop tidak di gunakan di bawah sinar matahari yang terik secara langsung atau dekat dengan sumber panas lainnya. Pake yang namanya cooling pad kalo misalnya agan pake laptop dalm jangka waktu yang sangat lama biar baterainya gak panas. Suhu yang panas memang gak di anjurin buat baterai. Makanya laptop harus dapet aliran ventilasi yang cukup selama penggunaan. Selain itu hindari mainan laptop di atas kasur, karpet, ataupun kaca coz itu semua gak bisa nyerap udara panas yang ada di bagian dalam laptop.

  • ATUR KECERAHAN LAYAR

Agan perlu tahu nih,,, semakin terang layar monitor laptop agan semakin boros pula daya konsumsi si baterai. Atur aja setingan brightness agan di tingkat yang lebih redup, yahhhh setidaknya di tingkat yang masih agan rasa nyaman untuk di lihat.

  • KURANGI HARDWARE  / SOFTWARE

Kurangi penggunaan device seperti USB flash disk dan perangkat eksternal lainya secara berlebihan, termasuk wifi dan perangkat keras lainnya kalo lagi gak butuh-butuh amat. Lepas plus non aktifkan kalo perangkat itu udah gak di pake. Jika tetap terpasang ini akan cepat menguras daya baterai.

  •   HINDARI PENGGUNAAN AKTIFITAS MEDIA

Jangan nonton video atau mendengarkan musik langsung menggunakan CD/DVD di laptop. Soalnya bisa nguras baterai dengan cepat. Kalo mau dengerin musik mending lewat Ipod atau handphone ajah, terus kalo mau nonton film mending di salin aja dulu vidoenya ke dalam hardisk baru di tonton lewat pemutar videonya langsung tanpa menggunakan DVD.

  • HINDARI PENGGUNAAN MULTI TASKING

Jangan terlalu membuat laptop agan sibuk dengan perintah-perintah yang agan berikan. Kalo bisa sih jangan ngebuka banyak aplikasi secara bersamaan waktu menggunakan dengan daya baterai. Ini juga salah satu penyebab batre cepet habis. Gunakan beberapa aplikasi yang kita perlukan secara bergantian.

  •  COPOT BATERAI LAPTOP AGAN JIKA PENGGUNAAN LAPTOP AKAN DI GUNAKAN DALAM JANGKA WAKTU YANG LAMA

Sebenarnya cara ini gak terlalu efesien sih, kenapa? Soalnya kalo kita menggunakan daya listrik langsung terus tiba-tiba terjadi konsleting listrik takutnya akan terjadi kerusakan pada laptop agan. Jadi kalo agan pake cara yang satu ini pastiin dulu aliran listriknya setabil dan gak pernah terjadi konsleting mendadak.

  • RAZIN-RAZINLAH MEMBERSIHKAN VENTILASI

Rajin-rajin deh bersihin ventilasi dengan alat yang khusus yang bisa agan beli di toko komputer, ikuti cara penggunaan yang di sarankan. Ingat, matikan laptop terlebih dahulu sebelum di bersihkan.
    Nah itu aja deh tips-tipsnya, semoga bermanfaat !!

Leave a Reply