counter

Cari artikel GAZEBO

Manfaat Lendir Bekicot

4 komentar



Tau gak sihhhh,,,,??? Lendir bekicot atau yang biasa di sebut keong racun di daerah gue ini ternyata memiliki banyak manfaat loh! Khususnya buat para ladies yang menginginkan kulit wajah yang sehat, licin, awet muda dan mulus. Selain untuk kecantikan, lendir bekicot juga bermanfaat sebagai obat anti septik untuk kulit yang tersayat pisau atau luka lainnya.
  Bekicot itu sejenis siput darat. Bentuknya seperti keong yang ada di sawah-sawah. Bekicot sendiri biasanya banyak di jumpai di kebun-kebun atau di tempat yang lembab dan terdapat semak-semak di sekitarnya. Dulu waktu gue kecil, tangan gue pernah tersayat pisau hingga mengalami pendarahan yang lumayan, mengetahui luka gue yang lumayan parah bokap gue langsung pergi ke halaman belakang lalu kembali lagi dengan membawa seekor bekicot. Gue bingung, kok bawa bekicot? Buat apa sih??? Ternyata bokap gue menggunakan lendir bekicot sebagai obat anti septik dengan cara memotong ujung cangkang bekicot yang berbentuk kerucut sehingga mengeluarkan lendir yang mirip kayak ingus gitu deh, Hahhaha gak ada betadine bekicot pun jadilah!! Tapi Ajaib loh! Setelah lendirnya di teteskan ke luka sayatan, pendarahan langsung berhenti dan luka gue pun cepat kering. Seperti yang udah tadi gue bilang lendir bekicot juga memiliki manfaat untuk kecantikan, gak percaya?
 Facial siput kan sekarang-sekarang ini udah jadi trend! Khususnya di daerah negeri gingseng (korea) dan negeri sakura (jepang). Dan sebenarnya sih manfaat lendir bekicot ini udah di yakini sejak 2000 tahun yang silam. Menurut peneletian, lendir bekicot memiliki banyak kandungan protein, anti-oksidan, juga kaya dengan asam hyaluronic yang dapat membantu kulit untuk memperbaharui sel-sel kulit yang mati dan mempertahankan kelembaban serta menghilangkan peradangan pada kulit yang di sebabkan oleh paparan sinar UV.
 Biasanya, cara menggunakan lendir bekicot ini dengan cara menempelkan bekicot-bekicot ke wajah dan membiarkan mereka berjalan-jalan mengitari wajah. Atau juga dengan ekstrak lendir bekicot yang berbentuk krim dan digunakan sebagai masker. Tertarik? Oh iya, yang digunakan juga bukan sembarang bekicot loh, alangkah lebih baiknya jika menggunakan bekicot yang memakan tumbuhan organik dan yang sudah terawat kebersihannya. Jangan asal ambil bekicot dari kebun terus langsung di tempelin di wajah, mending di rawat dulu bekicot-bekicotnya yaaaaa........
 Eitchhhh,,, ada lagi nih, ternyata daging bekicot juga bisa di jadikan makanan yang lezat loh!! Dan terbukti olahan dari bekicot juga memiliki banyak khasiatnya! Tapi melihat bentuknya yang seperti itu, hmmmm gue pikir-pikir dulu deh buat mencicipinnya....

Salah satu olahan bekicot yang di jadikan makanan. Gue sama sekali gak tertarik buat coba jenis olahan bekicot seperti gambar di atas. Coz bentuknya aneh dan ekstream banget hahhahha...


Nahh,, kalau yang berbentuk sate seperti ini mungkin gue mau coba :D


Sedangkan jenis bekicot sawah yang di samping ini memang sudah jadi makanan favorit gue, bentuknya tidak jauh beda seperti bekicot darat tapi jauh lebih kecil, di daerah gue sering di panggil dengan sebutan Tutut. Cara masaknya beda dengan bekicot darat, yaiti cangkang bekicotnya ikut direbus, jadi cara makannya unik gitu deh, yaitu dengan cara di kecrop/sedot crop, crop crop! Tapi agan harus tahu,,, Kalo mau masak bekicot yang satu ini bagian ujung cangkang bekicotnya harus di potong dulu, kalo gag di potong yang ada nanti daging bekicotnya gak bisa keluar pas di sedot... Selamat mencoba!!

4 Responses so far

  1. Raras says:

    rupanya lendir bekicot juga memiliki khasiat ya,
    kadang ngelihatnya, banyak orang yang jijik, hihihi

  2. Anonim says:

    Klu bekicot kecil2 yg sering nempel di daun bunga teratai ada manfaatnya ga y? Klu ada share info dunk Kali aja adayg tau,, makasiiii

  3. Unknown says:

    Dlu wktu gue kcil gag prnah ngrsa jijik, mlah di buat maenan adu balap... tpi skrg stlah gue udh gde mlh ngrsa jijik juga... btw, gw ga prnah liat siput yg nmpel d tratai,,, hhee

  4. Unknown says:

    Saya cobain nih gan.kaki kena knalpot.dan lumayan g perih.

Leave a Reply