counter

Cari artikel GAZEBO

Pengertian latah, penyebab, dan cara mengobatinya

0 komentar




Seseorang yang mengidap latah sering kali mengucapkan kata-kata jorok yang seharusnya tak patut di ucapkan seperti mengucapkan organ kemaluan ataupun mengulang pengucapan dengan spontanitas jika ada hal yang mengagetkannya entah itu barasal dari suara atau pun berasal dari suatu gerakan-gerakan di sekitarnya. Selain berucap secara spontan, penderita latah juga sering melakukan hal hal yang tak wajar, misalnya menuruti semua perintah yang diberikan secara tidak sadar dan spontan!! Sejauh ini sih penderita latah hanya di temukan di kawasan asia tenggara saja, dan parahnya lagi Indonesia termasuk negara penderita latah terbanyak loh!! Di kawasan melayu seperti Malaysia, brunei, singapore, dan burma mereka menyebutnya “young-dah-the” di negara lainnya seperti Thailand mereka menyebutnya “bahyschi” dan Philipines “mali and silok”.
  Anehnya lagi penderita latah ini kebanyakan di idap oleh perempuan yang sudah berusia dewasa, meskipun ada juga pria yang mengidapnya tapi jumlah mereka jauh lebih sedikit di bandingkan dengan kaum hawa. Saat ini latah masih di sebut suatu kondisi bukan sebagai penyakit ataupun kelainan karena keberadaanya masih di perdebatkan oleh kalangan dokter, bukan hanya kalangan dokter di asia tenggara saja melainkan seluruh dokter di seluruh dunia. Sebagian dari mereka memandang bahwa latah itu hanya sebuah kebiasaan dan budaya tertentu sehingga di anggapnya normal-normal saja dan tak perlu di obati. Sebagian lagi khususnya dari kalangan dokter dari negara barat menduga jika latah itu di picu karena adanya kelainan di otak pengidapnya dan mereka bersikukuh bahwa penderita latah wajib di obati, karena latah di anggapnya sebagai penyakit! Namun sayangnya penjelasan ini masih berlanjut dan masih di teliti lebih dalam. Namun yang jelas, kita sebagai sahabat, keluarga, ataupun orang yang berada dekat dengan seorang yang mengidap latah harus merubah presepsi atau perlakuan kita terhadap mereka segera mungkin. Janganlah kita sengaja membuatnya kambuh untuk sebuah kesenangan atau pun mencemooh mereka.
   Kabar baiknya nih, dengan cara di hipnotis atau pun di terapi secara rutin penderita latah ini konon bisa di sembuhkan. Selain dengan cara tersebut penderita latah juga bisa menyembuhkan kebiasaan latahnya dengan cara meditasi dan beusaha tetap tenang dengan sekuat-kuatnya pada saat ada sesuatu yang mengagetkannya, tapi cara ini akan membutuhkan waktu yang sangat lama juga keinginan yang kuat untuk sembuh dari latah.
  Lalu, apa sih penyebab seseorang bisa menjadi pengidap latah?
Menurut sumber yang gue baca dan hasil wawancara dengan seorang yang mengidap latah penyebab pertamanya itu sebuah MIMPI!! Yeaps, itu dia awal mulanya kenapa seorang bisa terserang latah!! Di dalam mimpinya mereka mengaku mendapati puluhan bahkan ribuan alat kelamin yang tersasa begitu real. Maka dari itu kebanyakan penderita latah sering mengucapkan “alat kelamin” secara spontanitas pada saat mereka di kagetkan oleh sesuatu. Meskipun kayaknya gak masuk akal banget tapi itulah yang di jawab oleh kebanyakan penderita latah saat di tanyai awal mulanya terserang kebiasaan latah. Semoga saja dengan hidup lebih tenang tanpa banyak pikiran, kalian yang berkeinginan untuk segera sembuh dari latah bisa cepat tercapai, AMIN!!!

Leave a Reply