counter

Cari artikel GAZEBO

Valentine dan sejarahnya

0 komentar

Banyak yang bilang kalo tanggal 14 februari itu sebagai hari kasih sayang. Bahkan beberapa pasangan rutin merayakan hari kasih sayang atau biasa di sebut hari valentine dengan memberikan hadiah entah itu boneka, cokelat, ataupun bunga. Sebenarnya sah-sah aja sih ada istilah hari kasih sayang juga, toh selain hari kasih sayang di indonesia juga kita ngerayain yang namanya hari ibu, hari buruh dan hari-hari lainnya.
  Tapi kalo ngelihat sejarah awal mulanya hari valentine kayaknya untuk orang yang beragama islam mesti pikir-pikir dulu deh kalo mau ikut ngerayain valentine, karena menurut wiki yang pernah gue baca asal usul hari valentine itu  salah satu hari besar untuk penganut katolik. Dan hari raya ini tidak ada kaitanya dengan hari kasih sayang! Nah loh !?
 Konon, dahulu kala di pertengahan bulan februari orang-orang di sejumlah wilayah di roma mereyakannya untuk memperingati hari pernikahan suci dewa Zeus dan Hera. Di roma kuno juga tagal 15 februari itu hari raya lupercalia, sebuah hari perayaan lupercus.
Selain itu, sejarah valentine juga di sebut sebagai wafatnya pastur/pastor/paulus/paus (gak tau mana yang bener) yang bernama Valentinus. Sebelum ia meninggal sebagai martir (meninggal dengan suci untuk ajaran katolik, kalo di ajaran islam mati syahid kali yaaa) ia meninggalkan sepucuk surat cinta yang ia titipkan pada sipir penjaranya. Di surat cinta tersebut tertulis Dari Valentinus.
Sedangkan untuk jaman modern seperti sekarang orang memperingatinya sebagai hari kasih sayang dengan memberi kartu ucapan kepada pasangan, sahabat, kerabat dan keluarga.

Nah, gimana nih? Masih mau ngerayain hari valentine gak??? Kalo gue sih ogah gan! Menurut gue menebar kasih sayang tuh jangan di tgl 14 aja melainkan sepanjang tahun!! Oh iya, yang gue maksud tadi tuh HARI KASIH SAYANG bukan hari VALENTINE! Kalo hari velentine sih terserah umat kristen za mau ngrayain di tanggal berapa aza gue gak mau ambil pusing... toh gue juga gak peduli and gak mau ikut2an ngerayain hari kematian tokoh agama mereka...

Leave a Reply